Para ibu menyusui sudah biasa untuk mencari cara memperbanyak ASI hindmilk agar lebih optimal bagi si kecil. ASI hindmilk merupakan ASI yang keluar beberapa saat setelah ASI foremilk. ASI hindmilk bersifat lebih kental dan mengandung banyak lemak sehingga membuat bayi merasa lebih kenyang. Sedangkan foremilk merupakan ASI yang keluar lebih awal dan bersifat lebih encer. Apabila hindmilk bersifat mengenyangkan, maka foremilk bersifat menghilangkan rasa haus pada bayi hal ini karena foremilk mengandung laktosa yang berperan layaknya karbohidrat. Baik hindmilk maupun foremilk sama-sama dibutuhkan untuk tumbuh kembang organ otak dan fisik bayi. Apabila kekurangan kedua asupan ASI ini, bisa dipastikan bahwa perkembangan kecerdasan si kecil akan terhambat.

Meski diproduksi bersamaan, foremilk akan keluar lebih dahulu sebelum hindmilk.Cara memperbanyak ASI hindmilk agar bayi memperoleh hasil yang optimal yakni menyusui bayi dengan satu payudara terlebih dahulu hingga kosong. Kemudian ganti dengan payudara yang lain jika bayi terlihatmasih lapar. Dengan demikian, si kecil bisa memperoleh asupan hindmilk lebih optimal.Apabila ibu jarang mengosongkan payudara, maka kadar lemak atau foremilk di payudara akan meningkat sehingga membutuhkan waktu lama bagi bayi untuk memperoleh hindmilk. Dengan membiarkan bayi menyusu satu payudara sampai habis, ibu juga bisa mengetahui apakah bayi benar-benar sudah kenyang atau belum.

Cara memperbanyak ASI hindmilk untuk asupan bayi yang lebih optimal salah satunya yakni dengan menyusui bayi di malam hari. Pada siang hari, cairan susu yang keluar dari payudara kebanyakan berupa foremilk yang encer. Cairan susu ini lebih encer karena mengandung laktosa, protein dan air lebih banyak agar bayi tidak dehidrasi. Sedangkan di malam hari, cairan susu yang keluar lebih banyak mengandung lemak sehingga bisa menimbulkan efek kenyang dan memudahkan bayi tidur nyenyak. Hingga saat ini, mengosongkan payudara masih dianggap sebagai salah satu cara paling optimal agar bayi bisa memperoleh hindmilk. Selain memahami pentingnya ASI hindmilk dan foremilk bagi bayi, Anda juga bisa memperluas wawasan Anda mengenai cara-cara memperbanyak produksi ASI di situs umihilma.com.Berbagai tips untuk ibu hamil bisa Anda dapatkan di situs ini.

Post Navigation